Senin, 26 Maret 2018

Fungsi dari Sensor Cahaya atau Light Sensor Pada Smartphone Android Yang Jarang Kita Sadari



Sensor cahaya atau light sensor adalah sensor yang mampu mendeteksi keberadaan cahaya. Untuk satuannya adalah lux atau flux, untuk mengetahui sensor ini kamu bisa menginstal aplikasi sensor box yang tersedia di playstore. Ketika kamu mengarahkan kesumber cahaya maka nilai flux cahaya akan meningkat.

untuk standar kecerahan jalan umumnya sekitar 40-90 flux, ketika dalam pabrik penerangan lampu biasanya sekitar 300 flux. dan mungkib berbeda di setiap tempat

Sensor cahaya sudah banyak ditanamkan dalam smartphone. Biasanya fungsi dari sensor ini untuk autobrightness, ketika kamu berada di ruangan yang terang maka kecerahan smartphone otomatis akan meningkat begitu juga ketika kamu masuk dalamsuatu ruangan yang  gelap maka kecerahan layar akan menurun.

Fungsi ini bermanfaat sekali untuk kenyamanan mata kita, karena kalau kita setting manual kecerahan layar maka akan sedikit merepotkan. misalkan kita setting low brightness mungkin ketika dalam ruangan kita tidak akan menemukan masalah.

namun ketika kita keluar ruangan dengan tingkat cahaya matahari yang tinggi maka layar akan terlihat gelap dan kita akan kesulitan dalam melihat layar.

fungsi lain dari sensor ini adalah untuk menghemat daya. pada saat auto brightness layar akan menyesuaikan tingkat kecerahannya. ketika pada saat high brightness konsumsi daya akan meningkat dan begitu juga sebaliknya kunsumsi daya akan menurun pada saat low brightness. jadi ini akan menghemat daya.

sebenarnya menurut saya akan lebih hemat daya ketika kita menuyetel brightness secara manual pada tingkat kecerahan rendah, ini akan tetap membuat konsumsi daya rendah.

namun ketika saya mencobanya, saya kesulitan ketika berada di luar ruangan yang terang. karena objek dalam layar tidak begitu terlihat sehingga saya harus masuk ke pengaturan untuk menaikan tingkat kecerahan layar.

jadi menurut saya ketika ponsel kamu memiliki fitur autobrightness  lebih baik fungsi ini kita manfaatkan.

untuk letaknya pada smartphone biasanya sensor ini berada di depan layar bagian atas, bersebelahan dengan lensa kamera dan juga sensor lainnya seperti proximity sensor. jadi ketika di luar ruangan kita menutup sensor ini menggunakan tangan kita maka otomatis layar akan menurun tingkat kecerahan.
karena sensor terhalang oleh tangan kita sehingga mendeteksi sebagai ruanga yang gelap.

dan satu fungsi lain dari sensor cahaya adalah dalam penggunaan kamera smartphone. Biasanya ini untuk mendeteksi ruangan gelap atau terang yang kemudian camera akan menyesuaikan tingkat kecerahan pada hasil jepretan. agar haasil jepretan menjadi lebih maksimal

atau ketika pada tingkat kecerahan yang rendah maka flash akan otomatis menyala karena settingan pada ponsel tidak bisa membuat nya lebih cerah lagi. begitupula sebaliknya.

Demikianlah pembahasan tentang sensor cahaya pada smartphone. karena saya sendiri tidak menemukan banyak dari penggunaan dari sensor yang satu ini. namun mudah-mudahan ini bisa memberi penjelasan buat yang sudah nyasar di mari. terimagadis atas kunjungannya...






Load disqus comments

0 komentar