Senin, 26 Maret 2018

5 Fungsi Sensor Accelerometer Pada Ponsel Android Yang Jarang Kita Ketahui

Buat yang baru pertama mengenal istilah ini mungkin terdengar asing. Namun bagi pengguna smartphone jaman now tidak sedikit orang yang tahu tentang sensor yang satu ini, atau minimal pernah mendengar.

Sesuai dengan namanya sensor accelerometer adalah sensor yang mengukur gerak atau percepatatan(perpindahan suatu benda) dari satu posisi ke posisi yang lainnya berdayarkan 3 titik sumbu, yaitu sumbu X,Y,Z.

Sensor ini akan menghitung berapa besar perpindahan yang dilakukan oleh suatu benda dengan memanfaatkan gravitasi bumi.

Di ponsel jaman now sensor ini sudah banyak ditanamkan untuk dimanfaatkan. Lalu fungsi dari accelerometer sensor ini  untuk apa aja sih..? Ada banyak fungsi dari sensor ini yang sering kita lihat atau kita sendiri sering memanfaatkan .namun terkadang kita tidak menyadarinya

Fungsi dari sensor accelerometer dalam HP android

1. Untuk Mengubah ukuran Layar dari Portrait menjadi Landscape atau sebaliknya
jika ponsel kamu bisa mengubah ukuran layar secara otomatis ketika kita memiringkan ponsel kamu, itu artinya ponsel kamu sudah tertanam sensor accelerometer. Sensor ini akan menghitung perubahan posisi layar kemudian mengubahnya secara otomatis.

2. Untuk Mengganti Musik dengan cara menggoyangkan HP
fungsi lain dari sensor  accelerometer adalah untuk mengganti musik pada media player kita. Jadi hanya dengan menggoyangkan ponsel maka otomatis lagu akan berubah. Namun untuk dapat menggunakannya tentu saja media playernya menyediakan fitur tersebut. Mempermudah bukan?

3. Untuk Bermain Game.
Nih buat yang suka bermain game, pernah gak sih kamu ketika bermain game kamu hanya perlu menggoyangkan ponsel keakanan atau kekiri , atas atau bawah untuk menggerakan objek dalam sebuah permainan di ponsel.

jika pernah, maka selamat kamu sudah pernah memanfaatkan sensor accelerometer. biasanya ini terdapat pada game - game balapan atau juga salah satu game yang terkenal yang memanfaatkan sensor accelerometer adalah Temple Run, yang ahnya dengan menggoyangkan hp kekanan atau kekiri maka si pelari akan mengikuti gerakan kekanan atau kekiri.

4. Dimanfaatkan dalam pengambilan proses foto/video
Biasanya ini dimanfaatkan untuk mengurangi blur pada hasil tankgkapan kamera . dengan menghitung perpindahan ponsel lalu secara otomatis akan memperbaikinya.

5. Sebagai Pedometer atau menghitung langkah kaki.
Salah satu fungsi menarik dari sensor accelerometer adalah kita dapat menghitung berapa langkah yang sudah kita lakukan. Jadi buat yang penasaran berapa banyak langkah yang kita lakukan dalam sehari, kamu bisa menginstal aplikasi pedometer yang banyak diunggah di playstore.

Saya sendiri pernah mencobanya. dalam aplikasi tersebut kita disuruh untuk memasukan jenis kelamin, Tinggi badan, dan berat badan lalu kemudian aplikasi tersebut mulai menghitung seteleah ita klik tombol mulai.

menurut saya aplikasi ini lumayan presisi meski gak benar- benar presisi namun menurut saya cukup bermanfaat daripada kita harus menghitungnya secara manual. karena dalam aplikasi ini menghitung berdasarkan jarak yang kita tempuh. gimana, tertarik untuk mencoba?

Demikianlah 5 manfaat sensor accelerometer dalam ponsel android yang mungkin beberapa belum kamu ketahui atau sadari. semoga informasi ini bisa bermanfaat.
terimakasih karena sudah nyasar di mari.









Load disqus comments

0 komentar